Rabu, 25 April 2018

MY TRIP MY SPANSIX

 

SMK PANCASILA 6 JATISRONO

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMK Pancasila Jatisrono, Wonogiri berdiri pada tanggal 1 Juli 1985. Berdasarkan Surat Keputusan Depdikbud Prop. Jateng No. SK/0450/I.03/II.86, tertanggal 24 Desember 1986. Semula hanya membuka 1 jurusan, yakni Tata Buku. Dengan hanya memiliki satu lokal kelas, SMEA Pancasila Jatisrono (nama awal) berjuang keras ikut berperan dalam memajukan pendidikan Indonesia.
Selang setahun, dibuka jurusan kedua, yakni Tata Usaha. Sekolah Kejuruan yang dinahkodai Drs. Slamet Riyanto, M.M. (1985-1992) berhasil meluluskan 27 siswa pada tahun 1987.
SMEA Pancasila Jatisrono sempat berpindah lokasi. Demi mempertahankan eksistensinya, SMEA Jatisrono pernah meminjam gedung SDN Watangsono I dan SMP Pancasila 10 Jatisrono pada tahun 1987.
Periode 1992-2002, tongkat kepemimpinan SMK Pancasila 6 Jatisrono berpindah kepada Bapak Sardi D.P, S.E. Pada masa ini jurusan yang ada telah berganti menjadi Akuntansi dan Administrasi Perkantoran.
Periode 2002-sekarang, kepemimpinan berpindah kembali kepada Bapak Drs. Slamet Riyanto, M.M. Dia memprakarsai berdirinya Kompetensi Keahlian yang ketiga, yakni Multimedia.
Puncak prestasi SMK Pancasila 6 Jatisrono pada tahun 2013, yakni berhasil menduduki peringkat 2 hasil Ujian Nasional Tingkat Kabupaten Wonogiri. Hingga saat ini, SMK Pancasila 6 Jatisrono memiliki 25 ruang teori, 4 laboratorium komputer, 1 perpustakaan, dan 1 gedung pertemuan. Jumlah siswa pada saat ini adalah 950 siswa.

Sistem Pendidikan dan Kurikulum[sunting | sunting sumber]

  1. Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum SMK KTSP 2006
  2. Pendekatan yang dianut adalah pendekatan Competency Based
  3. Sasarannya adalah kebutuhan Dunia Kerja era global antara lain dengan Demand DrivenJob Oriented dan Duel Based program (sekolah dan DU/DI)
  4. Secara garis besar pengembangan kurikulum dibagi menjadi 3 tahapan yaitu :
  • Berisi kompetensi dan bahan kajian dasar-dasar kejuruan yang lebih luas untuk keahlian-keahlian yang memiliki dasar-dasar kompetensi sejenis atau serumpun.
  • Berisi kompetensi dan bahan kajian yang lebih fungsional untuk mendasari penguasaan kompetensi keahlian tertentu
  • Berisi paket-paket keahlian untuk menguasai kompetensi dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaan tertentu sesuai spesifikasi dan tuntutan lapangan kerja

Bidang Keahlian, Program Studi Keahlian, dan Kompetensi Keahlian[sunting | sunting sumber]

1. Bisnis dan Manajemen
  • Bidang Keahlian Program Studi Keahlian Keuangan
  • Kompetensi Keahlian Akuntansi
2. Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen
  • Program Studi Keahlian Adninistrasi
  • Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran
3. Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi
  • Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika
  • Kompetensi Keahlian Multimedia

MULTIMEDIA

                   MULTIMEDIA adalah sebuah program studi yang saya ambil di SMK ini. Menurut saya jurusan ini adalah jurusan yang paling seru karena kebanyakan kita bisa mengetehui bagaimanacara membuat video, mengedit video, mengetahui caranya membuat sebuah komik, dan lain-lain. kalau kalian ingin mengetahui lebih lanjut maka daftar saja ke SMK PANCASILA 6 JATISRONO. 
                 

                   Adek-adek suka main internet kalian bisa ambil jurusan multimedia sedangkan untuk adek-adek yang suka menghitung uang kalian bisa ambil jurusan akuntansi, sedangkan untuk adek-adek yang sukanya bermain alat make up dan suka sesuatu yang berbau perkantoran kalian bisa mengambil jurusan administrasi pekantoran.

Kegiatan di gugus depan kepramukaan smk pancasila 6 jatisrono




Kegiatan Pemantapan Resimen di air terjun selosari



"Korsa yang kami jadikan sebuah kebersamaan sampai kelak"

#endang(epa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar